Apel Kesiagaan Penanggulangan Bencana Alam di Tebingtinggi

Tebing Tinggi28 Dibaca

MEDAN, WARTATODAY.COM – Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan memimpin Apel Kesiap Siagaan Penanggulangan Bencana Alam, di Halaman Mapolres Tebingtinggi, Senin (9/11/2020).

Hadir dalam apel itu Kapolres Tebingtinggi AKBP James P Hutagaol S.IK, Waka Polres, para Kasat, Koramil 13 dan sejumlah pimpinan OPD Pemko Tebingtinggi

“Perlu kita ketahui bersama bahwa telah terjadi perubahan iklim yang cukup cepat seperti fenomena  ‘La Nina’. Fenomena ini perlu diwaspadai karena pergeseran angin yang cukup kencang yang mengakibatkan terjadinya hujan deras yang bisa mengakibatkan banjir dan tanah longsor,” kata Wali Kota dalam arahannya.

Disebutkannya, untuk di Kota Tebingtinggi kita memprediksi bahaya bencana alam seperti banjir karena kita memiliki aliran sungai yakni Sungai Padang, Bahilang, Sibaro, Kelembah yang berpotensi mengakibatkan banjir yang harus diwaspadai. Kemudian kita juga tetap mewaspadai bahaya longsor.

“Karena bencana banjir ini juga dapat mengakibatkan adanya geseran tanah atau longsor yang bisa mengakibatkan bangunan-bangunan ditepi sungai amblas ke sungai. Hal seperti ini kita lihat sudah terjadi di daerah pulau Jawa dan Sulawesi,” ujarnya.

“Kita tetap mengantisipasi hal-hal seperti itu jangan terjadi di Kota Tebingtinggi dan juga kemungkinan letusan gunung berapi seperti erupsi Gunung Sinabung yang mungkin berimbas ke daerah kita seperti debu atau matrial letusan dan semuanya harus kita waspadai” sebut Wali Kota.

Usai Apel Kesiagaan Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2020, Wali Kota bersama Kapolres Tebingtinggi juga meninjau perlengkapan alat penanggulangan bencana alam di Halaman Tunggal Panaluan Polres Tebingtinggi.- (js)

print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *