oleh

Menteri Parekraf Sebut Kerajinan Songket Andalan Souvenir Indonesia

TEBINGTINGGI, WARTATODAY.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (MENPAREKRAF) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut bahwa, salah satu produk unggulan souvenir Indonesia adalah kerajinan kain songket.

“Jadi mudah-mudahan nantinya bisa dilakukan kerjasama dengan pemerintah daerah untuk memajukan kerajinan kain songket.”

Hal ini diungkapkan Sandiaga Uno saat mengunjungi Rumah Adat Melayu Sri Penantian, Kamis (23/6/2022) di Jalan Badak Kelurahan Bandar Utama, Kecamatan Tebingtinggi, Kota Tebingtinggi.

Menurut Sandiaga Uno, kita memiliki keperluan sekitar 500 triliun untuk souvenir, mungkin untuk perjalanan tamu-tamu negara, itu bisa kita arahkan untuk katalog-katalog ini bisa dibeli oleh seluruh 514 kabupaten/kota.

“Jadi saya sangat mendukung jika programnya nanti bisa kita sandingkan kedalam program ‘Gerakan Bangga Buatan Indonesia’ yang kebetulan saya ketua hariannya. Nanti akan saya tindaklanjuti,” ucap Sandiaga Uno.

Terkait pemasaran hasil industri UMKM, Sandiaga Uno menjelaskan, kami memulai program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Jika Pemerintah Kota Tebingtinggi bisa menggagas e-Katalog Lokal dan e-Katalog Sektoral, sehingga produk-produk ini bisa dibeli oleh pemerintah, katanya.

Dalam kunjungannya bersama Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Sandiaga Uno berkesempatan meninjau proses pembuatan kerajinan kain songket dan batik khas Kota Tebingtinggi.

Pj Walikota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi menyampaikan terimakasih atas kunjungan ke Kota Tebingtinggi. Kunjungan ini akan menjadi motivasi kami untuk melakukan dan meningkatkan UMKM produk lokal.

“Jadi dengan demikian kami nantinya juga akan berkonsultasi dan berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif bagaimana selanjutnya kami mempromosikan produk-produk kami di Tebingtinggi ini,” ujar Pj Wali Kota. (APA)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.