oleh

Dubes Vatikan Akan Menahbiskan Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung

-Medan, RAGAM-Dibaca : 904 Kali
(foto : Godion Manik/wartatoday)

MEDAN, WARTATODAY.COM – Duta Besar Vatikan direncanakan akan menahbiskan Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung. Umat Keuskupan Agung Medan merasakan sukacita yang besar dengan pengangkatan Uskup Agung terpilih oleh Paus Fransiskus pada tanggal 08 Desember 2018.

Demikian disampaikan. Ketua Panitia RD Eko Sebastianus didampingi Sekretaris RP Selestinus Manalu OFMCap beserta Humas Romo Beno dan Hendrik Halomoan Sitompul MM di Catholic Centre Medan dalam jumpa pers bersama wartawan Senin (28/1).

Eko melanjutkan, Pentahbisan Uskup baru ini direncanakan Jumat 1 Februari mendatang sekitr 17.30 – 18.30 di Gereja Katedral St Maria Dikandung Tanpa Noda Medan yang dilanjutkan resepsi Jamuan Makan Malam di rumah dinas Gubernur Sumatera Utara. Pada saat itu juga akan disampaikan surat pengunduran diri Mgr Anicetus Sinaga sebagai uskup agung Medan,diterima oleh Paus Fransiskus berhubung karena usia yang sudah melampaui 75 tahun atau kini usia 77 tahun.

Pentahbisan Uskup Agung Medan yang baru yang dirayakan ini adalah menjadi bagian kehidupan bermasyarakat dan bernegara di NKRI yang kita cintai ini.
Adapun rangkaian kegiatan
Perayaan ini merupakan puncak dari Uskup Agung yang baru.Nuntius dengan dua uskup penahbis lain dan dihadiri oleh para Uskup dari seluruh Indonesia serta para imam yang akan berjumlah 300 orang.

Selain itu biarawan-biarawati dan umat beriman dari berbagai lapisan yang diperkirakan mencapai 14.000 juga akan hadir.”Gubernur Sumatera Utara,Walikota Medan,Pangdam serta Kapolda,perwakilan gereja-gereja Kristen serta perwakilan dari agama lain juga hadir”ujar Eko.

Ditambahkannya, pada Perayaan Hari Raya Maria dikandung tanpa noda.Pada hari tersebut Paus Fransiskus menetapkan RP Kornelius Sipayung OFMCap yang pada saat itu menjabat Minister Provinsial Ordo Kapusin Propinsi Medan menjadi uskup Keuskupan Agung Medan.Tahbisan uskup yang terakhir kali terjadi di wilayah Keuskupan Agung Medan adalah pada tanggal 25 Juni 1975,tatkala Mgr.A.G Pius Datubara ditahbiskan menjadi uskup.Dan lebih istimewa lagi adalah karena Mgr Kornelius adalah Uskup Agung Medan yang sejak penunjukkannya sudah diangkat menjadi uskup Agung,dan sejak pengangkatan ini,sebutan yang dikenakan kepada uskup terpilih adalah Mgr Kornelius Sipayung OFMCap.

Kabar sukacita penunjukan uskup baru ini secara resmi diumumkan di Keuskupan Agung Medan oleh Mgr Anicetus Sinaga yang saat ini menjabat Uskup Agung dalam perayaan Ekaristi di gereja Katedral Medan,dengan membacakan surat pengangkatan dari Paus kepada umat beriman yang hadir serta kepada seluruh umat di seluruh wilayah keuskupan.

Acara juga akan diisi perayaan ekaristis stasional dimana Uskup Agung Emeritus menyerahkan tongkat kegembalaan keuskupan kepada uskup yang baru.Pada kesempatan ini,untuk pertama sekali uskup agung baru akan memimpin Ekaristi di Keuskupan Agung Medan dan untuk pertama sekali menduduki tahta uskup yang terdapat di Gereja Katedral Medan,yang biasa disebut Katedra,sejak itulah seluruh kuasa pengembalaan ada di tangan Mgr Kornelius Sipayung.Eko juga menambahkan, perayaan Ekaristi Stasional dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 03 Februari 2019 di Gereja Katedral Medan.

Kepada Wartawan pihak panitia juga menyampaikan riwayat singkat Mgr Kornelius Sipayung OFMCap lahir di Bandar Hinalang,26 Agustus 1970 anak pertama dari delapan bersaudra dari pasangan Fransiskus Hotman Sipayung seorang pensiunan ASN dan Hongmailim Rosa Tamsar seorang petani.

Kornelius Sipayung mengenyam pendidikan SD Katolik Don Bosco Saribudolok,SMP Katolik Bunda Mulia Saribudolok.SMA Seminari Menengah Pematang Siantar.Usai tamat SMA Kornelius melanjutkan pendidikannya di Rhetorica Seminari Menengah Pematang Siantar dan Nopisiat Kapusin Parapat serta Filsafat – Teologi STFT St Yohanes Pematang Siantar.

Kemudian dirinya melanjut di Orientasi Pastoral di Paroki Aek Kanopan sejak juli 1996 – 1997, Teologi STFT St Yohannes Pematang Siantar tahun 1997 – 1999 dan di Tahbisan Diakon Juli 1999,Tahbisan Imamat 11 Desember 1999.Tahun 2002 hingga 2005 Kornelius melanjutkan Studi di Gregorian University Rome.serta beberapa kursus – kursus.
Mgr Kornelius OFMCap juga banyak mengarang buku – buku karya ilmiah serta juga pencipta lagu Rohani dan juga sebagai pimpinan produksi Album Tembang Persaudaraan.(Gidion Manik)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed