oleh

Pelabuhan Kuala Tanjung Segera Dioperasikan

-EKONOMI & BISNIS, SUMUT-Dibaca : 534 Kali
Menteri Keuangan Sri Mulyani Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Pihak PT Pelindo I sat meninju progress pembangunan jalur KA dan pelabuhan Kuala Tanjung, Rabu (17/1/2018) lalu.- (Photo : Dok/ist)

MEDAN, WARTATODAY.COM – PT Pelabuhan Indonesia 1 segera mengoperasikan Pelabuhan Kuala Tanjung di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara (Sumut), yang hampir selesai dibangun.

“Rencananya, akhir Juli atau awal Agustus ini,” ucap Sekretaris Perusahaan PT Pelabuhan Indonesia 1 M Eriansyah di Medan, Minggu (15/7/2018).

Disebutkan, pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung tahap pertama itu terdiri dari sisi laut atau dermaga dan sisi darat yang menjadi lokasi peti kemas dan perkantoran. Untuk sisi lalut, pembangunannya telah tuntas 100 persen. Sedangkan untuk sisi darat, pembangunannya juga hampir tuntas dan tinggal penyelesaiannya.

Untuk bagian dermaga, pelabuhan ini memiliki tempat kapal kontainer (container vessel berth) dengan panjang 500 meter dan lebar 60 meter.

Guna memudahkan bongkar muat dari kapal yang berukuran besar, di Pelabuhan Kuala Tanjung akan dioperasikan crane yang memiliki jangkauan (out reach) hingga 48 meter. Kemudian, untuk mendukung kelancaran energi dalam operasional bongkar muat, di Pelabuhan Kuala Tanjung disiapkan gardu induk (power house jetty).

Sedangkan untuk memperlancar pendistribusian peti kemas dari kapal ke penimbunan atau sebaliknya, disiapkan empat jalur truk (trestle lane truck).

Dengan berbagai infrastruktur yang ada, Pelabuhan Kuala Tanjung dapat melayani bongkar muat peti kemas hingga 600 ribu Teus per tahun.

Sementara itu, Commersial Manager Project Pelabuhan Kuala Tanjung Kurnia P Nasution menjelaskan, setelah menyelesaikan pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung, akan dilanjutkan dengan pengembangan untuk menyiapkan sejumlah sarana dan prasaran

Ia mencontohkan pembangunan kawasan industri di sekitar Pelabuhan Kuala Tanjung yang konsepnya tidak akan mematikan pelabuhan lain yang ada di sekitarnya.- (ant)

Sumber : antaranews
print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed