oleh

Bupati Sergai Tutup Sosialisasi P2KTD Program Inovasi Desa

-RAGAM, Serdang Bedagai-Dibaca : 604 Kali

PANTAI CERMIN, WARTATODAY.COM – Bupati Sergai Ir H Soekirman,diwakili Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan (PMD) Deny R Suganda,S.Sos,Sabtu (29/9) resmi menutup sosialisasi P2KTD program inovasi desa,di Aula Theme Park Kecamatan Pantai Cermin.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Deny R Suganda,Bupati mengatakan,Program Inovasi Desa 2018 yang diluncurkan Kementerian PDT penuh dengan rencana strategis untuk menemukenali inovasi melalui proses identifikasi dan verifikasi yang dilaksanakan oleh TIK dan TPID.Oleh karenanya,sebagai tahapan awal pengenalan program yang sesuai dengan petunjuk teknis program inovasi desa,sosialisasi merupakan bahagian penting dari program inovasi desa.

Capaian yang diperoleh dari kegiatan ini,Bupati berharap akan mampu meningkatkan pengetahuan serta pemahaman dengan capaian diantaranya,memperkenalkan P2KTD kepada stake holder dalan mendukung pelaksanaan PID 2018.Selain itu,melakukan analisa dan evaluasi atas penyaluran dan penggunaan DOK bantuan pemerintah.Kemudian merumuskan langkah-langkah strategis dalam pelaksanaannya dan melakukan pengendalian serta konsolidasi Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) di tiap desa.

Bupati juga optimis program inovasi desa akan mampu berbanding lurus dan berjalan dengan baik,dengan rumusan output terlaksananya Bursa Inovasi Desa dan replikasi dengan kriteria inovasi dalam pembangunan ekonomi lokal dan kewirausahaan,inovasi peningkatan kualitas SDM dan pemenuhan dan peningkatan infrastruktur pedesaan.

Dirinya juga mengingatkan,prinsip pengelolaan inovasi desa harus taat hukum,transparan,akuntabilitas partisipatif,inklusif dsn kesetaraan gender.Dibagian akhir Bupati menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang turut dalam kegiatan tersebut.

Sebelumnya,Syamsul Sijabat,MM selaku panitia juga melaporkan seluruh tahapan kegiatan sosialisasi yang diikuti 12 tim Inovasi Kabupaten yang terdiri dari OPD,17 TPID, 17 Pokja TPID dan 17 Pendamping Desa berjalan dengan baik dan lancar.

Taufik mewakili TPID dalam kesan-kesannya mengakui banyak perbendaharaan ilmu yang berkaitan dengan inovasi desa yanv didapatkan dari para pemateri ataupun narasumber.”TPID akan selalu siap dalam mencari inovasi di desa”,ujar Ketua TPID Kecamatan Tebing Tinggi. (ARM)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed