oleh

Ketua TP PKK Sergai Ajak Donor Darah Tingkatkan Imun Saat Pandemi

-RAGAM, Serdang Bedagai-Dibaca : 16 Kali

SERGAI,WARTATODAY.COM – Ketua TP PKK Kabupaten Sergai, Rosmaida Saragih yang ikut donor darah mengajak seluruh masyarakat untuk tidak ragu melakukan aksi donor darah. Bukan hanya untuk membantu orang yang membutuhkan darah, tapi donor darah juga banyak memberi manfaat untuk kesehatan.

Demikian disampaikannya dalam rangka Bulan Bakti Pramuka ke-60 tahun 2021, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sergai melaksanakan donor darah di Markas PMI Kabupaten Sergai, Komplek Kantor Bupati, Senin (9/8/2021).

“Ayo semangat donor darah, karena donor darah ini buat badan lebih sehat. Bisa meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker dan penyakit lainnya. Badan terasa lebih segar, jadi bisa tingkatkan imun juga saat pandemi”, ujarnya didampingi Ketua PMI Sergai, Yanti Handayani Siregar dan Sekretaris PMI Sergai Susilawati

Acara didukung oleh PMI Sergai bekerjasama dengan Unit Donor Darah PMI Tebing Tinggi ini menargetkan sebanyak 50 sampai 70 kantong darah terkumpul. Aksi donor darah seperti ini diharapkan terus dilakukan mengingat selama masa pendemi banyak yang ragu untuk melakukan donor darah.

Sementara dr Ade Syahputra, Kepala Unit Donor Darah PMI Tebing Tinggi mengatakan, pihaknya ditargetkan bisa mengumpulkan 50 sampai 70 kantong darah dalam acara ini. Target kita tentu seluruh ASN Pemkab Sergai atau masyarakat setempat dengan usia 17 sampai 70 tahun, dan dianggap bisa donor setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan standar.

Lanjutnya, saat pandemi saat ini banyak masyarakat yang ragu untuk donor darah karena beberapa alasan, diantaranya takut datang ke PMI juga ragu karena baru ikut vaksin.

“Sebenarnya kesadaran masyarakat akan donor darah sudah meningkat, tapi karena Pandemi banyak warga yang takut melakukan donor darah. Perlu saya informasikan, bagi yang baru saja vaksin, bisa melakukan donor darah 3 hari setelah vaksin dosis pertama kalau tidak ada efek samping dan seminggu setelah vaksin kedua. Kalau ada efek samping, tunggu sampai beberapa Minggu untuk kehati-hatian. Sebaliknya masyarakat bisa vaksin sehari setelah donor darah”, katanya.(ARM)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed